PT PIK Gandeng IDI Tekan Stunting – TB Lewat Program CSR, Sasar Desa Sepaso Timur

Kronikkaltim.com – PT. Perkasa Inakakerta (PIK) melalui program CSR tahun 2024 merealisasikan program kerja di bidang kesehatan masyarakat dengan tema pencegahan stunting lewat pemeriksaan kehamilan dan Seminar pemberantasan TB paru.

Kegiatan ini bertempat di area perkantoran Desa Sepaso Timur, Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur, Selasa, Maret 2024 pagi.

Untuk kegiatan pemeriksaan kehamilan dilakukan di gedung Posyandu Sepaso Timur. Puluhan ibu hamil melakukan pemeriksaan secara bergantian, mulai dari registrasi, penimbangan dan pemeriksaan kondisi kesehatan ibu hamil dan janin.

Kegiatan pemeriksaan ini dilakukan oleh pihak dokter ahli kandungan dan gizi dan tim kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Bengalon, tim Posyandu Desa Sepaso Timur dan diagendakan oleh Pemdes Sepaso Timur dan PT. PIK untuk dilakukan pertiga bulan.

Selain itu, di balai pertemuan Desa Sepaso Timur secara bersamaan dilakukan kegiatan seminar kesehatan dengan tema pencegahan TB Paru (Tuberkulosis). Seminar ini di pandu oleh rizky dengan narasumber Dr. Didit Tri Setyo Budi Sp.P FISR yang merupakan ahli paru dan pernapasan Rumah Sakit Kudungga Sangatta.

Dokter Didit yang juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Dokter Indonesia Kutim menyampaikan berbagai hal terkait penyakit TB Paru ini. Baik cara mendeteksi, cara penularan maupun langkah-langkah perawatan dan metode penyembuhan. Ia juga secara khusus menyampaikan apresiasi atas kegiatan tersebut.

“Saya selaku Ketua IDI menyabut positif kegiatan ini, alhamdullilah tadi kegiatan berjalan lancar dan bayank ibu-ibu yang mengikuti pemeriksaan,” ucapnya.

Selepas itu, sesi tanya jawab oleh para peserta seminar. Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Desa Sepaso Timur Budi dan Ibu Ketua PKK desa Sepaso Timur.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Sepaso Timur Budhi Yulidar mengapresiasi langkah kolaboratif antara pemerintah desa dan CSR PT. PIK dalam menyalurkan program di bidang kesehatan.

“Tentu ini kita berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada PT PIK dan IDI Kutim bisa memberikan pelayanan kesehatan dan memberikan edukasi kesehatan khususnya terkait pencegahan stunting dan pemberantasan penyakit TB paru ini,” ujarnya.

Lanjut dia, “saya berharap agar kegiatan di agendakan secara rutin sehingga pelayanan bagi masyarakat desa Sepaso Timur bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai dan tepat waktu,”.

Ketua PKK Desa Sepaso Timur Sri Handayani menyambut baik ada kegiatan tersebut. “Ini bermanfaat buat masyarakat kami karena memang mereka membutuhkan,” jelas wanita yang juga sebagai Ketua PAUD Desa Sepaso Timur itu.

Sementara itu, Rizky Firmansah, Comdev Cupervisor PT PIK mengatakan, program pencegahan stunting melalui program CSR PT PIK kali ini menggandeng IDI. Mendatangkan dokter spesialis kandungan dan paru.

“Diharapkan kegiatan ini angka stunting dan TB dapat diturunkan,” paparnya. (arm).