PT PAMA dan AJKT Kolaborasi Gelar Sekolah Jurnalistik di SMAN 2 Sangatta Utara

Kronikkaltim.com – PT PAMA Persada bersama Aliansi Jurnalis Kutai Timur (AJKT) menggelar pelatihan Sekolah Jurnalistik yang diikuti Ratusan siswa/siswi SMAN 2 Sangatta Utara, di Aula SMAN 2 Sangatta Utara, Kutim, Selasa (05/03/2024) pagi.

Dalam pelatihan tersebut, menghadirkan pemateri dari AJKT Qadlie Fachruddin Sulaiman yang menambah antusias dan semangat siswa/siswi dalam mengikuti pelatihan.

CSR Dept Head PT. Pamapersada Nusantara Agung Dwi mengatakan kegiatan sekolah jurnalistik ini merupakan kolaborasi PT PAMA Persada-AJKT, memberikan pengetahuan kepada siswa-siswa binaan PT PAMA, dalam hal cara penulisan berita yang baik, yang nantinya akan dilanjut dengan kegiatan sosialisasi narkoba, sosialisasi HIV dan sosialisasi aman berlalulintas.

“Dengan diawal adanya bekal pelatihan jurnalistik, mereka bisa menangkap lebih materi-materi selanjutnya, kemudian materi yang mereka dapatkan bisa di sharing dan di bagikan ke teman-temannya yang lain. Bahkan mereka bisa mempublikasikannya dengan ketentuan kaidah publikasi yang baik yang sudah di ajarkan oleh teman-teman jurnalis AJKT,” ucap Agung Dwi.

Agung Dwi juga mengungkapkan tidak menutup kemungkinan, PT PAMA juga akan melakukan pelatihan-pelatihan ke sekolah-sekolah lain, bukan hanya dalam sektor sekolah binaan PT PAMA.

“Kebetulan SMAN 2 Sangatta Utara ini area terdekat dengan kami, tetapi kami juga kemungkinan besar akan merambah ke sekolah-sekolah yang lain, karena kegiatan ini memang setiap tahun rutin kita jalankan, biar semua bisa merasakan manfaat yang sama,” ungkapnya.

Dirinya berharap kegiatan pelatihan jurnalistik ini kedepannya, bisa terus berlanjut dengan kolaborasi antara PT PAMA dan rekan-rekan jurnalis terjalin dengan baik dan dapat melahirkan program positif yang bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

“Kami akan berkomitmen menjalankan program-program dari kami dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

Sementara itu, selaku Pemateri dari AJKT, Qadli Fahruddin Sulaiman mengatakan materi yang disampaikan tentang pengantar dasar dalam ilmu jurnalistik kepada siswa-siswa SMAN 2 Sangatta Utara.

“Materi dasarnya itu terkait dengan kode etik jurnalistik, poin-poin dalam penulisan berita dan cara menulis berita dengan baik dan benar serta cara memperoleh data dengan benar,” ujar Qadli.

Melihat antusias dari siswa-siswi SMAN 2 Sangatta Utara, Qadli mengungkapkan antusiasnya sangat luar biasa dengan dibuktikan banyaknya tanggapan atau jawaban dari para siswa atas pertanyaan yang diberikan.

“Banyaknya pertanyaan yang diberikan oleh mereka, sebagai satu antusias yang sangat baik dalam lebih mengenal dunia jurnalistik maupun cara menangkal hoax, yang mana sebagai bagian dari penyampaian materi,” ungkapnya.

Qadli juga mengapresiasi upaya dan langkah PT PAMA dalam meningkatkan literasi pelajar, mengedukasi masyarakat khususnya pelajar untuk aktif dalam penyebaran informasi, demi menangkal informasi hoax yang beredar.

“Saya dari AJKT memberikan mengapresiasi kepada PT PAMA atas kegiatan pelatihan jurnalistik ini. Kami berharap PT PAMA bisa terus konsisten dan komitmen untuk melangsungkan program-program serupa, sehingga punya dampak besar bagi masyarakat,” pungkasnya.

Reporter: Heristal