Pesan Bupati Kutim: Indonesia Emas 2045 Diwujudkan Oleh Generasi Muda

Kronikkaltim.com – Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman menyampaikan sejumlah pesan penting kepada mahasiswa dalam acara peresmian gedung baru Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nusantara Sangatta. Pesan yang disampaikan, salah satunya terkait dengan Indonesia Emas.

Ya, Indonesia akan mengalami usia emas pada tahun 2045. Pada saat itu, Indonesia genap berusia 100 tahun alias satu abad. Di masa itu, ditargetkan Indonesia sudah menjadi negara maju dan telah sejajar dengan negara adidaya.

Momentum bersejarah tersebut memang masih sekitar seperempat abad lagi. Namun untuk mewujudkannya butuh persiapan yang matang sejak jauh-jauh hari. Sumber daya manusia Indonesia harus unggul, berkualitas, dan memiliki karakter.

Bupati Ardiansyah mengatakan, generasi yang akan mewujudkan Indonesia Emas adalah generasi muda, khususnya yang saat ini tengah menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Dia menerangkan, para mahasiswa/mahasiswi saat ini berada di kisaran usia 21 tahun. Menurutnya, pada masa Indonesia berusia 100 tahun yaitu 2045, usia mereka masih sekitar 40 tahun ke atas, yang merupakan usia puncak karir bagi profesional.

“Mereka (mahasiswa) nanti yang akan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa,” ucap Ardiansyah, Selasa (22/8/2023).

Sebelumnya, Bupati Ardiansyah juga menekan kesiapan SDM berkualitas menyongsong IKN Nusantara. Dia mengatakan, infonya Presiden akan siap berkantor di IKN. Begitu pula dengan kementerian kementerian RI. “Karenanya kita harus berbangga dengan hal tersebut,” ujarnya.

Dalam menyongsong IKN, berbagai aspek harus disiapkan, salah satunya adalah SDM. Melalui pengembangan SDM unggul, tangguh, dan berkualitas, baik secara fisik serta mental, maka akan berdampak positif tidak hanya dalam segi daya saing serta kemandirian bangsa, tetapi berdampak positif juga terhadap pembangunan Kutim, sebagai salah satu wilayah penyangga IKN Nusantara.

“SDM yang akan terus kita siapkan melalui beberapa perguruan perguruan tinggi,” ucap Ardiansyah.(adv/IM).

Diterbitkan pada: Agu 23, 2023 pukul 11:17