Kutim Siap Cetak SDM Unggul Songsong IKN Nusantara

Kronikkaltim.com – Ibukota Negara (IKN) Nusantara membutuhkan kesiapan sumber daya manusia yang mumpuni, terutama warga lokal agar memiliki daya saing.

Strategi yang harus dilakukan adalah penyiapan SDM yang kompeten. Sebagai daerah yang dekat dengan IKN dan menjadi wilayah penyangga Ibukota, Kutai Timur (Kutim) siap mencetak SDM unggul.

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman dalam acara peresmian gedung baru Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nusantara Sangatta oleh Gubernur Kaltim, Selasa (22/8), menekan kesiapan SDM berkualitas menyongsong IKN Nusantara.

Ardiansyah mengatakan, infonya Presiden akan siap berkantor di IKN. Begitu pula dengan kementerian kementerian RI. “Karenanya kita harus berbangga dengan hal tersebut,” ujarnya.

Dalam menyongsong IKN, berbagai aspek harus disiapkan, salah satunya adalah SDM. Melalui pengembangan SDM unggul, tangguh, dan berkualitas, baik secara fisik serta mental, maka akan berdampak positif tidak hanya dalam segi daya saing serta kemandirian bangsa, tetapi berdampak positif juga terhadap pembangunan Kutim, sebagai salah satu wilayah penyangga IKN Nusantara.

“SDM yang akan terus kita siapkan melalui beberapa perguruan perguruan tinggi,” ucap Ardiansyah.

Sebelumnya, Gubernur Kaltim Isran mengatakan, Pemerintah Kalimantan Timur memilki komitmen yang kuat terhadap pendidikan. Di dalam RPJMD Provinsi Kaltim, pengembangan Sumber Daya Manusia di bidang Pendidikan, Pemerintah Provinsi Kaltim menyiapkan berbagai macam fasilitas, termasuk beasiswa yang disebut dengan Beasiswa Kaltim Tuntas.

“Tahun 2023 ini Pemerintah Kaltim memberikan besasiswa mencapai Rp 500 Miliar untuk beasiswa Kaltim Tuntas (BKT). Mahasiswa STIE Nusantara juga berpeluang untuk mendapatkan beasiswa tersebut,” ucap Isran.

Hal tersebut, kata dia, bukti Pemerintah Provinsi Kaltim sudah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) dengan alokasi pendidikan skala perioritas. Pemerintah Provinsi Kaltim telah dipersiapkan jauh sebelum Provinsi Kaltim ditetapkan sebagai Ibukota Negara (IKN) dan kebetulan IKN tunjuk di Kalimantan Timur.

“Peningkatan sarana dan prasarana untuk pengembangan SDM baik pendidikan formal maupun non formal,” sebut Isran Noor.(adv/IM).

Diterbitkan pada: Agu 23, 2023 pukul 10:20