Urban Farming SMPN 3 Bengalon, Ajarkan Siswa Mandiri hingga Berwiraswasta

Kronikkaltim.com – Semangat dengan konsep urban farming atau bercocok tanam di lahan terbatas kembali ditunjukan SMPN 3 Bengalon, Selasa (4/9/2022) pagi. Satu persatu para siswa sekolah tersebut menyemai bulir-bulir biji sayuran seperti sawi dan kangkung ke gelas plastik. Tanaman-tanan itu nantinya akan dipindahkan ke media hidroponik yang telah disiapkan oleh pihak sekolah bekerjasama dengan pihak perusahaan, PT Kobexindo.

Ya, sudah beberapa bulan belakangan, SMPN 3 Bengalon menggalakkan kegiatan ekstrakurikuler di bidang pertanian dengan media hidroponik. Mereka melatih siswa tentang kemandirian, motivasi, inovasi, ketahanan fisik, serta pola hidup sehat karena sebagai sebuah sarana olahraga.

“Kita harapkan siswa mampu untuk mandiri, serta meningkatkan motivasi belajar dan inovasi berkarya, berwiraswasta dalam kegiatan ekstrakurikuler,” ucap Agus Ariadi Anto Ariwibowo, S.Pd, guru SMPN 3 Bengalon.

Dalam praktiknya, siswa siswa ini juga dilatih bagaimana cara melakukan pembibitan, penanaman, pemeliharaan dan pengawasan tanaman dengan benar. Misalnya teknik menyemai bibit tanaman ke gelas plastik sebelum dipindahkan ke media hidroponik.

Dengan hidroponik, jiwa kewirausahaan ditanamkan pada siswa agar kelak di kemudian hari siswa mampu berperan dan memberikan manfaat untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

Betapa tidak, hasil tanaman sayur-sayuran siswa-siswi SMPN 3 Bengalon ini selalu membuahkan hasil yang signifikan. Agus menyebut apa yang diinginkan perusahaan selaku mitra dan pihak sekolah sendiri sejauh ini sudah sesuai dengan harapan.

“Selama ada hidroponik ini kami kurang lebih sudah melakukan penjualan itu sebanyak tujuh kali. Alhamdullilah dana hasil penjualan ini kita gunakan untuk kegiatan perkemahan anak-anak kita sendiri dan kegiatan lomba 17-an Agustus kemarin,” paparnya.

Agus berharap, dengan adanya kegiatan seperti ini bisa terus digalakkan dan bisa menambah ilmu para siswa khususnya di bidang pertanian.(*)

Penulis: Agus Ariadi Anto Ariwibowo, S.Pd