Indeks Kualitas Udara di Kutim Tahun 2020 Disebut Meningkat

Ilustrasi

Kronikkaltim.com – Indeks kualitas udara di Kutai Timur (Kutim) tahun 2020 meningkat menjadi 80,69 dibanding tahun sebelumnya. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman pada saat menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) di Paripurna DPRD Kutim, belum lama ini.

“Indikator hasi pengukuran indeks kualitas udara sebesar 80,69. Meski demikian, indeks ini masih termasuk dalam kualitas baik atau terjadi peningkatan dibanding dari tahun sebelumnya yaitu kualitas sedang,” ujar Ardinasyah.

Ardiansyah juga mengatakan, secara umum kondisi lingkungan di Kutim masih memerlukan pengelolaan yang lebih ramah lingkungan, menuju lingkungan yang sehat bagi seluruh lapisan masyarakat.

Keberhasilan ramah lingkungan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, namun juga diperlukan peran serta pihak swasta dan masyarakat luas.

“Dengan demikian diperlukan adanya koordinasi yang efektif antara pemerintah daerah, swasta dan masyarakat umum,” ujar Ardiansyah dalam Paripuna Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) 2020 belum lama ini.

Capaian kinerja sasaran sektor ini, lanjut Ardinasyah, ditunjukan oleh indikator hasi pengukuran indeks kualitas udara sebesar 80,69.

“Meski demikian, indeks ini masih termasuk dalam kualitas baik atau terjadi peningkatan dibanding dari tahun sebelumnya yaitu kualitas sedang,” ucap Ardiansyah. (Adv).