Lidi Nipah Ekspor Kaltim, Ternyata dari Muara Kembang

Kronikkaltim.com – Kaltim sukses melakukan ekspor lidi nipah ke India, Desember tahun lalu. Ini merupakan pengiriman perdana lidi nipah asal Kaltim ke luar negeri.

Adalah CV Masagenah yang melihat potensi besar dari lidi nipah itu untuk menembus pasar ekspor. Lantas darimana lidi-lidi nipah itu berasal?

Ternyata, lidi nipah yang diekspor itu berasal dari Kelurahan Muara Kembang, Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Kembangnya Muara Jawa ini, ya Muara Kembang Pak. Kelurahan dengan rasa desa,” kata Muhammad Ramli, saat menerima kunjungan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Kaltim HM Yadi Robyan Noor, Kamis (14/1/2021).

Ekspor perdana ketika itu dikirimkan satu kontainer lidi nipah tujuan India dengan nilai mencapai US$ 408.000.

Tahun ini bekerjasama dengan UKM Sinar Nilam Muara Kembang, mereka akan kembali mengirim lidi Nipah ke India dan Pakistan.

“Kita akan kirim lagi 14 ton lidi nipah dan lidi sawit ke India dan Pakistan. Rencana Maret, nilainya sekitar Rp112 juta,” kata Direktur CV Masagenah  Widya Hana Sofia.

Ketua UKM Sinar Nilam menyampaikan kendala mereka yang belum memiliki mesin pengering dan kapal motor untuk angkutan lidi nipah.

“Syukur alhamdulillah sekarang ibu-ibu rumah tangga di sini punya penghasilan tambahan. Bapak-bapaknya juga ada kerja tambahan selain nelayan. Masalah kami hanya mesin pengering dan perahu,” kata Syahrin, ketua UKM Sinar Nilam.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Kaltim HM Yadi Robyan Noor mengapresiasi kerja keras CV Masagenah dan masyarakat warga Muara Kembang menembus ekspor.

“Saya yakin perjuangan ini tidak mudah, luar biasa. Yang jelas kami sangat puas dan bangga.  Usulkan hal-hal yang diperlukan, kita akan bantu perjuangkan lewat bupati dan juga provinsi,” kata Roby.

Silaturahmi dengan warga Muara Kembang juga dihadiri Camat Muara Jawa Syafruddin, Danramil Muara Jawa Kapten Marji, LPM Muara Kembang Masdar, tokoh masyarakat H Ibramsyah dan Husni Thamrin. (sul).