Banjir Kiriman Rendam 4 Desa di Kecamatan Karangan

Kronikkaltim.com — Banjir kiriman yang terjadi di Kecamatan Karangan, Kutai Timur (Kutim), Kaltim menyebabkan 4 desa di wilayah tersebut terendam air pada Rabu (2/12/2020) pagi. Di hulu dan kecamatan itu hujan deras sejak Selasa (1/12).

Informasi tersebut diungkapkan Arif Rahman, warga setempat, Rabu (2/12) malam. Meski demikian, tidak ada warga yang mengungsi akibat banjir tersebut.

“Desa yang terdampak banjir ini yakni Desa Karangan Dalam, Karangan Seberang, Karangan Hilir, dan Batu Lepoq ,” ujar Arif Rahman kepada kronikkaltim.com.

Dia menyebut tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun banyak rumah warga yang terendam. Menurutnya ketinggian air lebih dari 1 meter.

“Subuh tadi berhenti hujan, naiknya air dan banjir ini sekitar jam 9 pagi,” jelas Arif.

Arif menduga banjir ini merupakan kiriman yang membuat saluran air di permukiman meluap.

“Bajir ini baru terjadi lagi setelah 10 tahun yang lalu. Akibatnya, rumah dan lahan saya habis terendam banjir,” ulasnya.

Meski air beransur surut namun tetap saja warga membutuhkan bantuan dan perhatian dari berbagai pihak. Sebab, selain merendam rumah, banjir juga merusak sejumlah lahan pertanian mereka.

Bantuan yang saat ini dibutuhkan warga bisa seperti sembako, pakaian bekas layak pakai, dan bantuan berupa material dan dana untuk upah pekerja memperbaiki bangunan serta lingkungan atapun membenahi lahan mereka yang rusak akibat banjir tersebut.

“Sementara ini warga belum dapat bantuan,” pungkas Arif. (Arif Rahman/Red).