10 Hektare Sawah Warga di Kaliorang Terendam Lumpur

Kronikkakltim.com – Hujan yang mengguyur wilayah Desa Selangkau, Kecamatan Kaliorang, Kutai Timur (Kutim), Kaltim, menjadi petaka bagi warga setempay. Pasalnya, sawah milik warga di daerah itu direndam lumpur. Warga menduga lumpur tersebut berasal dari aktifitas tambang batubara yang berada di hulu persawahan.

Informasi yang berhasil dihimpun kronikkaltim.com, setidaknya ada 10 hektare sawah milik warga terendam lumpur. Seperti halnya yang dikatakan Arsyad, warga Desa Selangkau, Kecamatan Kaliorang, Kutim.

Arsyad menuturkan, dua hektar sawah miliknya yang sudah ditanami padi kini terendam lumpur dan rusak hingga otomatis gagal panen.

“lebih 10 hekatar sawah, tapi baru 2 hektar yang sudah saya tanami padi,” terang Arsyad kepada kronikkaltim.com, Senin (30/11/2020).

Arsyad dan warga desa lainya kuat menduga lumpur tersebut berasal dari jalan holing batubara salah satu perusahaan tambang di Kaliorang. Bahkan Arsyad mengaku sudah memastikan kejadian tersebut dengan turun kelapangan bersama tim kondev perusahaan.

“Ya, Sabtu kemarin kita sudah turun ke lokasi dengan tim kondev,” ujarnya.

Dirinya pun meminta jika lumpur tersebut dari tambang pihak perusahaan bertanggungjawab atas lumpur tersebut terlebih sudah merusak sawah warga.

Namun sejauh ini, kronikkaltim.com belum dapat keterangan resmi dari pihak perusahaan. Tim media ini rencananya akan melakukan investigasi, menelusuri kebenaran dan fakta terkait kejadian tersebut.

Penulis: Ersa

Editor : Imran R Sahara