Ratusan Pelajar SLTA Kutim Ikut Sosialisasi Wawasan Kebangsaan via Virtual

Kronikkaltim.com – Sekitar 500-an pelajar tinggkat SLTA di Kutai Timur (Kutim) mengikuti Sosialisasi Penguatan Pendidikan Wawasan Kebangsaan melalui jaringan Online atau Daring, Selasa (17/11/2020) Pukul 09.00 Wita.

Kegiatan tersebut digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbamgpol) Kaltim yang difasilitasi oleh Bakesbangpol Kutim di Ruang Video Conference Dinas Kominfo Kutim.

Syafrudin Pernyata, narasumber dari Badan Bakesbangpol mengemukanan bahwa melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan rasa nasionalisme, kesadaran berbangsa dan bernegara serta nilai-nilai patriotisme pada generasi muda di Kutim.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk mempertebal rasa cinta tanah air serta meningkatkan semangat kebangsaan dikalangan remaja,” terangnya.

Dijelaskan, wawasan kebangsaan penting bagi generasi muda karena merupakan bentuk pengokohan eksistensi sebagai bangsa yang kuat, bersatu dan berdaya saing, serta terjaganya sejarah dan kecintaan terhadap Tanah Air. Sesuai Permendagri Nomor 71 Tahun 2012 tentang Pedoman Pendidikan Wawasan Kebangsaan.

“Wawasan Kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya, yang didasari oleh falsafah cita-cita dan tujuan nasional, dengan semakin kuat dan kokohnya pemahaman tentang wawasan kebangsaan, diharapkan dapat menjadi benteng kokoh dari pengaruh-pengaruh negatif yang ditimbulkan dari berbagai pengaruh, utamanya perkembangan teknologi dan informasi yang tidak dapat kita hindari,” jelasnya. (*).