Ini Pesan Bupati Kutim di Hari Buruh Hari Buruh Internasional

Kronikkaltim.com – Peringatan Hari Buruh atau yang lebih dikenal dengan May Day digelar meriah dan penuh hiburan di Kawasan Polder Ilham Maulana Sangatta, Rabu (1/5/2024) .

Di momentum ini, Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman menyampaikan selamat hari buruh kepada seluruh buruh atau pekerja di Indonesia, terkhusus yang ada di Kutim.

“Atas nama pemerintah Kutai Timur saya menyampaikan selamat memperingati hari buruh sedunia, semoga dan peringatan ini dapat meningkatkan nuansa yang terbaik bagi perkembangan, keputusan di Republik Indonesia dan khususnya di Kabupaten Kutai Timur,” ujarnya.

Ardiansyah menyatakan, di antara yang disampaikan buruh ke pemerintah daerah yakni menyelesaikan salah satunya yang menjadi turunan daripada Peraturan Daerah (Perda) Ketenagakerjaan. Ini sudah ada dan Dinas Tenaga Kerja (Disnakertrans) siap untuk melaksanakannya,

Ardiansyah menerangkan bahwa tuntutan buruh mengenai masalah kesehatan, akses upah dan BPJS ketenagakerjaan sudah disampaikan oleh Kadisnaker Kutim. Menurutnya, saat ini, Pemkab Kutim sudah menampung puluhan ribu tenaga kerja rentan yang tidak terakses oleh perusahaan semua ditanggung oleh pemerintah daerah. Kata dia, sejumlah hal yang menjadi persoalan buruh/pekerja di lapangan dapat diselesaikan.

Ardiansyah menegaskan bahwa pihaknya siap berkolaborasi dengan buruh. Pemerintah saat ini terus mengembangkan kesempatan kerja bagi masyarakat Kutim yang sudah tertuang.

Berkenaan dengan kondisi cuaca yang cukup panas, Ardiansyah mengusulkan agar perayaan May Day tahun depan dengan konsep silaturahmi dilaksanakan malam hari. Mengajak semua buruh dan keluarga.

“Saya atas nama pemerintah menyampaikan ucapan terima kasih kepada buruh,” ucapnya.(Imran)