Setelah di Sepaso Timur, Program CSR Cegah Stunting dan TB PT PIK Menyasar Desa Sekerat

Kronikkaltim.com – Setelah Desa Sepaso Timur, kegiatan Pengembangan dan Pemberdayaan (PPM) PT. Perkasa Inakakerta menyasar Desa Sekerat. Kegiatan yang digelar dua desa di Kecamatan Bengalon ini mengambil tema Pencegahan Stunting Sejak Dini melalui Pemeriksaan Kehamilan dan Pemberantasan Penyakit Paru TB, Selasa 05/03/2024.

Untuk Desa Sekerat sendiri, rombongan tim kesehatan tiba sekira pukul 14.30 Wita di Kantor Desa. Beberapa ibu-ibu hamil tampak telah menunggu antrian untuk registrasi sebelum dilakukannya tahapan pemeriksaan kesehatan ibu dan janin.

Tak menunggu lama pasca pendaftaran, satu persatu dari ibu-ibu hamil ini bergiliran memeriksa kandungannya yang dilakukan oleh tim kesehatan yang terdiri dari Dokter ahli kandungan dan gizi dibantu oleh Paramedis dari Puskesmas Kecamatan Bengalon serta bantuan dari tim bidan desa dan pengurus Posyandu Desa Sekerat.

Turut hadir dalam tim kesehatan ini terdiri dari dokter ahli Paru bapak Didit Tri Setyo Budi Sp. P FISR serta di dampingi oleh dokter ahli kandungan.
Kali ini PT. Perkasa Inakakerta melalui program CSR PIK tahun 2024 menggandeng Ikatan Dokter Indonesia IDI Kutim, Puskesmas Bengalon dan melibatkan pula kontraktor yang tergabung dalam forum CSR PIK Bengalon yakni PT. Putra Perkasa Abadi (PPA) site PIK Bengalon.

Dalam sambutannya, Rizky Firmansyah selaku Community Development Supervisor menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan di awal tahun agar bisa berkelanjutan dan akan kita peningkatan per triwulan, “dengan harapan agar ibu-ibu hamil bisa tetap dalam kontrol kami terkait tumbuh kembangnya janin, hal ini tentu berkaitan erat dengan pencegahan stunting sejak dini,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini kader posyandu, tim PKK Sekerat, Sekdes Sekerat Akmad Zulkifli Amd. Dalam sambutannya, ia memaparkan banyak hal terkait kesehatan masyarakat. Ia juga memberikan apresiasi dan terima kasih kepada tim yang hadir untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi warganya.

“PT. Perkasa Inakakerta juga beserta kontraktor yang telah lama menjalin kerjasama di berbagai sektor melalui alokasi dana CSR pertahunnya,” jelasnya.

Setelah seluruh rangkaian kegiatan hari ini berakhir sekira pukul 16.45 wita, rombongan pun menyempatkan waktu menikmati keindahan Pantai Sekerat sebelum kembali Ke Bengalon dan Sangatta.(arm).