Jalan Abdullah – Kenyamukan Sangatta Segera Terang Benderang, 25 PJU Dipasang

Kronikkaltim.com – Jalan KH Abdullah yang mengarah ke pantai Kenyamukan, Kecamatan Sangatta Utara, kini meraih peningkatan signifikan dengan pemasangan 25 titik lampu penerangan jalan umum (PJU). Jalan ini merupakan salah satu jalur alternatif masyarakat Sangatta menuju Jalan Abdul Wahab Syahrani (eks Jalan Pendidikan) melalui ring road baru.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kutai Timur, Joko Suripto, mengungkapkan progres PJU telah mencapai 100 persen di Jalan Abdullah.

“Ada 25 titik lampu dengan jarak sekitar 40 meter antar lampu,” ucapnya pada Senin (18/12/2023).

Dalam konteks keamanan, Suripto menyebut adanya indikasi kejahatan sebelumnya dan kegelapan di jalan tersebut. Pemasangan PJU dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, dan hasilnya sangat terlihat.

“Jalan tersebut sangat terang, dibandingkan Jalan Pendidikan yang kini jauh lebih terang. Kami menggunakan lampu 80 watt dengan masa garansi sekitar 5 tahun,” tambahnya.

Suripto menegaskan bahwa pada tahun 2024, pembangunan penerangan jalan umum akan dilanjutkan hingga mencapai pelabuhan Kenyamukan di Sangatta. Dalam pengembangannya, pihaknya memutuskan untuk tidak lagi menggunakan tenaga surya, melainkan akan disuplai oleh PLN.

“Pertimbangan kami melibatkan PLN yang menyanggupi menyuplai penerangan jalan tersebut, karena overload dan melebihi kapasitas,” jelasnya.

Mengatasi kekhawatiran kejahatan, Joko Suripto menyampaikan permintaan dari ibu camat untuk membangun penerangan di tempat-tempat sepi.

“Tempat-tempat gelap seringkali menjadi lokasi kejahatan dan kenakalan remaja. Kami berharap tahun depan dapat melaksanakan permintaan tersebut,” harapnya.

Perlu diketahui, kebutuhan penerangan jalan sepanjang Jalan Abdullah menuju Kenyamukan membutuhkan sekitar 180 titik, sedangkan yang telah terpasang saat ini baru sekitar 25 titik. Pemasangan dilakukan bertahap sesuai anggaran, dengan rencana untuk melanjutkannya pada tahun depan.(heris).