Hilang Kendali, Bus Tabrak Truk Sama-sama Masuk Jurang di Poros Sangatta-Bontang

Kronikkaltim.com – Kecelakaan terjadi di Jalan Poros Bontang – Sangatta, tepatnya, Sangkima kawasan Taman Nasional Kutai (TNK), Kutai Timur (Kutim), Senin (18/12/2023) siang. Bus angkutan penumpang menabrak truk boks dan motor yang parkir hingga kedua mobil itu sama-sama masuk jurang.

Namun, beruntung kecelakaan itu tak ada korban jiwa. Seluruh penumpang bus sebanyak 15 orang dilaporkan selamat. Namun, penumpang mengalami trauma dan banyak yang mengalami luka lebam di sekujur tubuh.

Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic melalui Kasat Lantas AKP Isnan Fatah mengatakan, sopir bus diduga out off control atau lepas/hilang kendali karena turunan yang cukup curam.

Akibatnya, bus dan truk pun langsung terperosok kedalam jurang yang cukup dalam. Kemudian pengendara lain yang melintas nampak ikut membantu proses evakuasi korban.

“Jadi bus itu nabrak 1 truk dan motor yang parkir di depan TNK Sangkima. Dia dari Sangatta mau ke Samarinda. Ini kita masih dalami penyebabnya,” ucap AKP Isnan Fatah.

Berdasarkan informasi, bus naas tersebut membawa 15 orang penumpang. Namun, kata AKP Fatah, semua penumpang dilaporkan selamat. Mereka berhasil dievakuasi melalui pintu belakang bus yang masih bisa dilewati.

Sampai saat ini, Unit Laka Lantas Polres Kutim masih melakukan pemeriksaan terhadap sang supir bus.

Beberapa korban pun ada yang melanjutkan perjalanan ke Samarinda. Kemudian ada juga penumpang yang dilarikan ke Rumah Sakit terdekat.

“Kalau korban jiwa tidak ada. Semua selamat dan berhasil dievakuasi sama warga juga. Karena pintu belakang bus masih bisa dibuka,” terangnya.

Dengan kejadian ini, AKP Fatah mengingatkan kepada pengendara untuk selalu berhati-hati saat melintas. Jangan sampai akibat kelalaian bisa berdampak pada keselamatan pengendara.

“Tetap waspada dan berhati-hati. Cek kendaraan sebelum dalam perjalanan jauh,” pungkasnya.