Tiga Bulan Terkahir, Pengunjung Perpustakaan Kaltim Meningkat Capai 10 Ribu

Kronikkaltim.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim mencatat layanan tingkat kunjungan masyarakat ke Perpustakaan Kaltim dalam 3 bulan terakhir mencapai angka 10 ribu lebih. Hal ini menjadi salah satu prestasi dalam meningkatkan literasi baca masyarakat.

Dengan pelayanan yang baik dari DPK Kaltim. Pustakawan Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca DPK Kaltim Marthen Rumana sampaikan animo masyarakat yang tinggi dalam mengunjungi perpustakaan.

“ini menunjukkan minat masyarakat terhadap layanan perpustakaan dan kearsipan cukup tinggi,” ucap Marthen, baru-baru ini.

Dengan pelayanan hibrid yang dilakukan DPK Kaltim. Perhitungan pengunjung tersebut berdasarkan kunjungan langsung dan kunjungan online. Tercatat pada Juli tercatat sebanyak 3.295 orang, pada Agustus 4.246 orang, dan September 3.221 orang. Sebagian besar pengunjung dipenuhi kalangan mahasiswa.

“Mereka yang datang ke gedung perpustakaan dan kearsipan Kaltim untuk membaca buku, koran, majalah, atau dokumen lainnya.Sedangkan pengunjung aplikasi iKaltim adalah mereka yang mengakses layanan perpustakaan dan kearsipan secara daring melalui aplikasi iKaltim,” tuturnya.

Namun, dalam pantauan DPK Kaltim. Kunjungan yang dilakukan secara online melalui iKaltim masih sangat minim. Tidak sebanding dengan kunjungan langsung.   DPK Kaltim selalu meningkatkan kualitas pelayanan baik secara langsung maupun online. Terkhusus layanan berbasis aplikasi, pihak DPK Kaltim akan terus berinovasi. “Kami terus berupaya untuk meningkatkan layanan aplikasi iKaltim agar lebih menarik dan mudah digunakan oleh masyarakat,” pungkasnya. (adv/dpkkaltim)