Gencarkan Gerakan SiKuMas, Ini Kata Dipustakar Balikpapan

Kronikkaltim.com – Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dipustakar) Kota Balikpapan terus menggencarkan gerakan Donasi Buku Masyarakat (SiKuMas). Program ini merupakan ajakan mendonasikan buku layak baca dari masyarakat kepada Perpustakaan Kota Balikpapan.

Kepala Dipustakar Kota Balikpapan, Elvin Junaidi mengatakan buku hasil donasi akan dikelola pihaknya untuk kemudian disalurkan kembali kepada masyarakat. Penyalurannya dalam bentuk program literasi berupa Pojok baca, taman baca, perpustakaan sekolah dan kelurahan.

“SiKuMas ini sudah sejak tahun 2019. Mulanya sama dengan Bank Buku yang diluncurkan sekitar tahun 2016. Kita lihat grafiknya terus menarik. Semoga semangat baca warga kita juga naik,” ujarnya, baru-baru ini.

Menurut Elvin, Perlustakaan Balikpapan juga menyalurkan buku-buku bacaan yang berhasil dihimpun kepada berbagai sekolah dan perpustakaan kelurahan. Hal itu dalam upaya menumbuhkan minat baca di tingkat pelajar dan masyarakat. Mengingat perkembangan teknologi juga berdampak pada kurangnya minat membaca buku secara fisik. Elvin juga menyebutkan berbagai cara untuk berpartisipasi pada kegiatan SiKuMas.

Sahabat Dispustakar dapat mendonasikan buku secara langsung kepada petugas di kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan yang tersedia di empat titik yaitu Bank Buku di Bagian Umum Pemkot Balikpapan, Bank Buku di Kecamatan Balikpapan Kota, Bank Buku di Kecamatan Balikpapan Utara, dan Bank Buku di Kecamatan Balikpapan Tengah. (adv/dpkkaltim).