Kutim Dapat Rp6 Miliar Dana Karbon, Kasmidi Ungkap Rasa Senang dan Bangga

Kronikkaltim.com – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) telah mendapat transferan dana karbon atau emisi rumah kaca dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) senilai Rp 6 miliar.

Diketahui, dana tersebut akan diperuntukkan untuk mendanai program dan kegiatan dalam rangka mendukung upaya penurunan emisi gas rumah kaca di Kutim.

Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, membenarkan hal tersebut, bahwa Kutim telah berhasil meraih dana karbon yang telah lama diperjuangkan. Ia mengungkapkan rasa senang dan kebanggaannya atas perjuangan Gubernur Kaltim.

“Saya pikir kita juga harus bangga ternyata dana karbon yang diperjuangkan oleh bapak gubernur, Alhamdulillah kita bisa dapat,” ucap Kasmidi Bulang saat ditemui awak media, usai acara penutupan Kemilau Batik Festival di Folder Ilham Maulana, Sangatta, pada Minggu (03/12/2023).

Dengan adanya dana karbon yang diterima Kutim, Orang nomor 2 di Kutim itu mengajak seluruh masyarakat Kutim untuk pentingnya menjaga kelestarian hutan yang ada di Kutim.

“Kutim memiliki hutan yang cukup luas dan ini harus kita jaga. Saya pikir ini juga pemanfaatannya harus terarah untuk membangun dan menjaga ekosistem,” jelasnya.

Dia juga menekankan bahwa Kutai Timur memiliki hutan yang luas, termasuk hutan di wilayah adat.
“Seperti hutan di Wehea yang dijaga oleh adat dan begitupun juga dengan yang lain,” pungkasnya. (adv/heristal).