Pemkab Kutim Bakal Bangun Pasar Di Kecamatan Bengalon dan Kecamatan Teluk Pandan

Kronikkaltim.com – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutim akan membangun dua pasar baru di Kecamatan Bengalon dan Teluk Pandan pada tahun 2023 ini dengan angggaran sebesar Rp 7 miliar.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman saat menghadiri Malam Penutupan Ramah Tamah, Festival Seni Budaya dan UMKM Kecamatan Bengalon dalam rangkaian kegiatan HUT ke 78 RI di halaman Kantor Camat Bengalon, Minggu (20/8/2023) malam.

“Ini sebagai bukti komitmen Pemerintah Daerah dalam mewujudkan dan meningkatkan pelayanan dasar bagi masyarakat secara proporsional serta merata khususnya pelaku UMKM,” ucap Bupati Ardiansyah Sulaiman.

Orang nomor satu di Kutim itu, mengungkapkan bahwa Bupati Ardiansyah Sulaiman menyebut, program yang direncanakan bertujuan agar para pelaku UMKM memliki tempat yang representatif untuk melakukan transaksi.

“Kalau pasar ini sudah terbangun, saya harap tidak ada lagi masyarakat yang bertransaksi di pinggir jalan yang akan mengganggu lalu lintas, kebersihan,kenyamanan dan estetika kawasan. Kebiasaan transaksi jual beli di pinggir jalan kiranya mulai diubah, jangan sampai pasar sudah dibangun tetapi masyarakat juga tidak berbelanja di pasar,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Bengalon, Suharman menjelaskan bahwa kegiatan Festival Seni Budaya dan bazaar UMKM ini menghasilkan transaksi hampir Rp 1 milyar. Tentu hal ini sangat positif yang harus dijaga dengan baik terutama pemberdayaan UMKM dan BumDes.

“Selama 10 hari kegiatan, ada 40 UMKM yang terlibat. Tiap UMKM, rata-rata per hari mampu mencapai omzet penjualan hingga Rp 2 juta. Jadi kalau ditotal bisa mencapai Rp. 800 juta hingga Rp 1 milyar,” ujar Cono sapaan akrab Camat Bengalon tersebut.

Dirinya mengungkapkan bahwa antuasisme yang sangat tinggi dari masyarakat yang hadir dipicu pandemi covid-19 yang melanda Indonesia, Khususnya Kutim selama 3 tahun.

“Kurang lebih 3 tahun tidak ada kegiatan, banyak pembatasan dilakukan pemerintah karena pandemi COVID-19.Karena tidak ada lagi pembatasan berkumpul, maka masyarakat sangat antusias,” pungkasnya. (Adv).

Terbitkan pada: Agu 21, 2023 pada 07:19