Motivasi Bank Sampah, Bupati Kutim: Saya Menunggu kapan Biji Plastik Diekspor

Kronikkaltim.com – Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman memberikan motivasi kepada pengurus Bank Sampah saat menghadiri sosialisasi dan pelatihan (Sospel) inovasi sampah, yang digelar dinas lingkungan hidup (DLH) di Hotel Victoria Sangatta, Rabu (24/7/2023).

Dalam kegiatan yang dirangkai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rumah Sakit Pupuk Kaltim (RSPKT) Sangatta dan Tim Pembina Bank Sampah, itu Bupati Ardiansyah menyinggung upaya komunitas lokal yang dinilai sukses mendukung program peningkatan ekonomi kerakyatan.

Yang menarik, yakni komoditi pisang kepok asal Kaubun, Kutim yang ribuan ton sepanjang tahun 2023, sukses diekspor ke berbagai negara oleh salah satu koperasi pengolah. Ardiansyah pun menantang pengurus Bank Sampah untuk bisa menghasilkan produk olahan bernilai ekonomi yang bisa menembus pasar global.

“Saya menuggu kapan biji plastik diekspor,” ucap Ardiansyah disambut riuh tepuk tangan hadirin.

Terkait pengelolaan sampah, Ardiansyah memberikan dukungan kepada asosiasi dan pengurus Bank sampah Kutim, dan meminta DLH untuk membantu memberikan edukasi kepada masyarakat.

Selanjutnya, Ardiansyah mengulas kilas balik Pemkab Kutim atas keberhasilan mengelola kebersihan dan lingkungan perkotaan pada tahun 2014 silam, hingga sukses meraih piala adipura. Namun disayangkan setelah itu pengelolaan sampah mengendor karena diprediksi sudah tak lagi dianggap sebagai prioritas.

“Sekarang kita pelan-pelan lagi melalui BSU (Bank Sampah Unit), KRPL (Kampung Rukun Pangan Lestari), roda tiga (kendaraan bermotor roda tiga),” terangnya. (adv/Imran).

Diterbitkan pada: Jul 25, 2023 pukul 22:58