Pemkab Kutim Dorong Modernisasi Koperasi dalam Pemberdayaan UMKM

Kronikkaltim.com – Pemkab Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Koperasi (Diskop) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mendorong modernisasi koperasi dalam pemberdayaan UMKM.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Diskop UMKM Kutim akan memberikan reward bagi koperasi yang masuk dalam kategori sehat.

Kepala Diskop UMKM Kutim, Darsafani menyatakan, reward diberikan kepada koperasi sehat sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan.

“InsyaAllah kedepan kita akan memberikan reward kepada koperasi yang sehat, untuk memacu kebangkitan dan peningkatan kapasitas usaha pelaku koperasi,” ujar Darsafani saat pembukaan bazar promosi UMKM di halaman Heliped, Kantor Bupati Kutim, Bukit Pelangi, Jumat (7/7/2023) malam.

Dalam modernisasi, Darsafani sebelumnya menyatakan, pengembangan koperasi dan UMKM menjadi strategi kunci dalam pembangunan daerah, guna menempatkan pondasi pembangunan ekonomi kerakyatan yang berkeadilan dan berkelanjutan.

Selain itu, ia menimbang pentingnya keberadaan koperasi dan UMKM sebagai manifestasi ekonomi kerakyatan. Koperasi bisa mengembangkan kemampuan UMKM yang ada menjadi sebuah identitas yang baik. Muaranya, koperasi bisa menjadi penyedia satu modal usaha bagi UMKM.

“Jadi kita inginkan koperasi-koperasi mendorong pelaku UMKM juga untuk meningkatkan usahanya,” tutur Darsafani. (adv).

 

Penulis: Imran R Sahara

Diterbitkan pada: Jul 8, 2023 pukul 18:51