Antusias Siswa SDN 02 Kaliorang Raih Makanan Sehat dan Vitamin Sosialisasi PHBS

Kronikkaltim.com – Puluhan siswa dan tenaga Pendidikan SDN 02 Kaliorang antusias mengikuti program Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Puskesmas Kaliorang yang bekerjasama dengan pihak sekolah dan PT Kobexindo.

Kegiatan ini dirangkai dengan pembagian makanan sehat dan vitamin kepada siswa-siswi yang mengikuti sosialisasi tersebut.

Ketut Kasi, SKM, dari Puskesmas Kaliorang menyatakan, PHBS merupakan program rutin yang saat ini tengah didorong. Ia berharap agar setiap sekolah dapat menerapkan program tersebut secara berkelanjutan.

Diakatakan, program PHBS bertujuan untuk mengedukasi siswa-siwa mengenai pola hidup sehat, seperti membersihkan WC, sampah dikelola dengan baik, olahraga, kawasan bebas tanpa rokok, dan penyuluhan tentang vitamin dan makanan sehat.

Dia menyebut perilaku hidup bersih dan sehat perlu diterapkan sejak usia dini, salah satu target utama untuk meningkatkan PHBS yaitu di lingkungan sekolah.

Selain PHBS, kata dia, program Puskesmas Kaliorang lainnya yaitu pemerikasaan kesehatan yang dilakukan dua kali setahun di setiap siswa sekolah di Kecamatan Kaliorang. Tujuan untuk mendiktekan dini penyakit yang menyerang siswa.

“Peran sertanya PT Kobexindo luar biasa seperti yang disampaikan tadi oleh komite sekolah, kalau kita sendiri sih terakhir dibantu pada Hari Kesehatan Nasional,” paparnya.

Sementara itu, Nurhawati kepala sekolah SDN 002 Kaliorang mengungkapkan bahwa perilaku hidup bersih dan sehat dalam lingkungan sekolah memang penting untuk ditingkatkan. Ia menyampaikan terima kasih kepada Puskesmas Kaliorang dan atas dukungan PT Kobexindo.

“Harapannya kedepan mudah-mudahan Puskesmas Kaliorang dan PT Kobexindo tetap membantu kita, minimal setiap tahun ada program kegiatannya. Maksudnya kami punya kegiatan dan mereka support,” ujarnya.

Senada, Yunita selaku Ketua Komite SDN 002 Kaliorang menyambut baik kegiatan tersebut. Dia menyampaikan terima kasih kepada Puskesmas Kaliorang dan PT Kobexindo.

“Kegiatan ini menunjang, untuk anak-anak kita bisa hidup lebih sehat,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Widi Subekti Manajer Komdev PT Kobexindo mengatakan, kegiatan ini adalah support untuk sekolah khususnya di bidang kesehatan.

“Mudah mudahan ini memberikan dampak yang baik buat anak kita agar lebih peduli dengan kesehatan, peduli bagaimana memahami pentingnya menjaga kesehatan seusia dini sekaligus menjadi epik buat anak-anak di masa depan, dimana mereka punya pola pandang bahas pola hidup bersih dan kesehatan memang harus dimulai dari hal kecil,” pintanya. (adv/arm-IM).

 

Diterbitkan pada: Mei 28, 2023 pukul 20:25