Dispar Kutim Target Jumlah Wisatawan Capai 1 Juta Kunjungan di 2023

Kronikkaltim.com – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) terus berupaya meningkatkan atraksi wisata yang ada di Kutim salah satunya melalui pelatihan dasar pemandu wisata.

Saat ditemui jurnalis kronikkaltim.com, Kepala Dispar Kutim Nurullah mengatakan bahwa pada tahun 2022 lalu, wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata Kutim mencapai lebih dari 219 ribu orang.

“Kita menargetkan pengunjung destinasi wisata di Kutai Timur di tahun 2023 bisa mencapai 1 juta orang pengunjung,” ucapnya, Kamis (25/05/2023).

Nurullah mengungkapkan bahwa pihaknya tengah melakukan aksesibilitas dengan menggandeng Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memperbaiki akses menuju destinasi wisata, salah satu contohnya wisata Pantai Sekerat

“Sekarang jalannya sudah bagus, tahun lalu sudah disemenisasi oleh Dinas PUPR dan kemarin hari lebaran pengunjungnya mencapai 10 ribu orang pengunjung,”

Dirinya berharap melalui pelatihan dasar pemandu wisata, dapat terbentuk tour guide yang mampu memberikan informasi terkait destinasi wisata yang ada di Kutai Timur.

“Kita memiliki 121 destinasi wisata yang telah di SK oleh Bupati dan 230 yang tercatat di Dispar Kutim, banyak sekali,” tegasnya.

Lanjutnya, dalam mempersiapkan daerah penyangga IKN, pihaknya juga memerlukan kesiapan pemandu wisata yang berperan sebagai ujung tombak pemberi informasi destinasi wisata yang ada di Kutai Timur.

“Ini kalau kita tidak ada ujung tombak yang memberikan informasi kepada wisatawan tentunya destinasi tersebut tidak diketahui oleh masyarakat,” tandasnya. (adv).

Reporter: Heristal

Diterbitkan pada: Mei 25, 2023 pukul 16:36