Warga Bersama Muspika Gotong Royong Bersihkan Drainase Sepanjang Jalan Dayung

Kronikkaltim.com – Warga bersama unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Sangatta Utara gelar Jumat Bersih dengan membersihkan drainase sepanjang Jalan Poros Dayung, Teluk Lingga, Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Jumat (19/05/2023).

Kegiatan yang dimulai sejak pagi hingga menjelang siang tersebut, seluruh unsur Muspika Sangatta Utara ikut terjun berpartisipasi membersihkan drainase di Jalan Poros Dayung tersebut.

Camat Sangatta Utara Hasdiah Dohi mengatakan kegiatan Jumat bersih ini setiap Minggu akan dilaksanakan di setiap desa dengan bekerja sama Muspika kecamatan, UPT Kebersihan dan PKK.

“Hari ini terkhusus kita bersihkan drainase Jalan Poros Dayung. Karena sumber penyebab banjir di wilayah Jalan Dayung dan Kampung Tator adanya sumbatan-sumbatan di jalur drainase Jalan Dayung ini,” ucap Hasdiah Dohi.

Hasdiah mengungkapkan banyaknya warga setempat yang menutup drainase sehingga menyebabkan aliran air pada drainase tidak lancar dengan baik.

“Ada yang menggunakan jembatan tapi didalamnya itu ada suwai-suwai tiang jembatan yang menyebabkan sampah-sampah, lumpur sedimen yang tidak bisa lancar keluar, bahkan ada yang menutup dengan tembok,” ungkapnya.

Setelah ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas PU untuk ditindaklanjuti dan kedepannya akan mengajak Satpol PP karena ada kaitannya dengan ketertiban pembangunan di atas parit.

“Warganya siap untuk membongkar, yang satu tadi kan agak berat, tapi tetap akan kita eksekusi bersama dengan warga karena penyebabnya sampah bertumpuk didalam sampai air tidak bisa mengalir,” terangnya.

Sementara itu, Lurah Teluk Lingga Noorma mengatakan pihaknya menyambut dengan antusias kegiatan Jumat bersih tersebut, yang difokuskan di wilayah Kelurahan Teluk Lingga.

“Alhamdulillah warga juga responnya baik, membantu kita terutama ada beberapa warga yang kita mintai membongkar jembatan yang sudah dia bangun,”

Dirinya menghimbau masyarakat agar tidak lagi membuang sampah diparit sehingga tidak lagi terjadi penyumbatan.

“Kita akan terus sosialisasikan terkait jam buang sampah dan meningkatkan kesadaran masyarakat agar buang sampah ditempat yang disediakan dengan jam buang sampah yang di telah ditetapkan,” tandasnya. (adv).

Reporter: Heristal

Diterbitkan pada: Mei 20, 2023 pukul 13:31