Peringati May Day, Forum Serikat Buruh Kutai Timur Gelar Aksi Damai

Kronikkaltim.com – Forum Serikat Pekerja atau Serikat Buruh Kutai Timur (Kutim) menggelar aksi damai memperingati May Day atau Hari Buruh 2023, Senin (1/5/2023).

Mereka menggelar konvoi rute dari arah Jalan Soekarno Hatta-simpang tiga pendidikan dan titik kumpul di Folder Ilham Maulana.

Sebelum menuju titik kumpul, konvoi serikat buruh melakukan orasi di simpang tiga pendidikan menyampaikan beberapa tuntutan mereka.

Sekertaris Forum Serikat Buruh B. Aholip Pong atau lebih di kenal dengan (Bang Andre) memimpin dalam orasi mengatakan Buruh adalah aset, Buruh bukan budak dan jangan sampai buruh kehilangan hak.

“Kita telah memberikan output terbesar untuk negara ini, kita telah memberikan hasil yang maksimal untuk negara ini,” ucap Bang Andre.

Lanjutnya, tetapi pada kenyataannya negara berpihak kepada investasi untuk menindas para pekerjanya.

“Kawan-kawan sekalian jangan pernah mundur dalam perjuanganmu, ketika ada mundur maka hak-hak anda akan dirampas dan diintimidasi,” tegasnya.

Dirinya mengungkapkan bahwa saat ini pengusaha telah membangun sistem untuk membumi hanguskan serikat pekerja atau serikat buruh.

“Kita meminta keadilan kepada negara agar serikat buruh bisa lebih baik dan sejahtera,” tandasnya.

Diketahui aksi orasi damai serikat buruh dikawal aparat, baik dari polres Kutim, Kodim 0909/KTM, Danlanal Kutim, Satpol PP, Dinas dan Dinas Perhubungan.

Reporter: Heristal