Upacara HUT-61 Pramuka di Kutim Berlangsung Khidmat

Kronikkaltim.com – Upacara HUT ke-61 Tahun Pramuka berlangsung khidmat di halaman Kantor Bupati Kutai Timur (Kutim), Bukit Pelangi, Senin (19/9/2022).

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) yaitu Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman.

Dalam upacara itu, Ardiansyah membacakan Sambutan Tertulis Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso.

Dalam sambutan itu, Budi Waseso mengemukakan bahwa segenap anggota gerakan Pramuka Indonesia bersuka cita, karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda itu genap berusia 61 tahun. Tahun ini sekaligus memperingati 110 tahun keberadaan Gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada sejak tahun 1912.

“Pengabdian yang kita lakukan adalah bagian dari Pendidikan di dalam Gerakan Pramuka. Sejak usia pramuka siaga adik-adik kita telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan. Hal itu bisa dimulai dengan cara-cara yang sederhana dan dilakukan dilingkungan keluarga kita masing-masing maupun dilingkungan masyarakat disekitar tempat tinggal kita,” jelasnya.

Dikatakannya, semua bentuk pengandian itu, sejalan dengan kode kehormatan Gerakan Pramuka, yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma untuk Pramuka Siaga serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan pramuka lainnya. Pada semua kode kehormatan bahwa Gerakan pramuka itu ditekankan penting bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, yang antara lain diwujudkan dengan saling menolong dalam semangat persaudaraan, tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras dan antargolongan.

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang Kutai Timur Asti Mazar ditemui usai upacara itu mengatakan, melalui HUT Pramuka Ke 61 ini semua kegiatan kepramukaan di Kutim dapat semakin ditingkatkan. Serta menjadi semangat dan motivasi khususnya bagi pembina, para pengurus maupun seluruh gugus depan yang ada di Kabupaten kutai Timur.

“Kita ingin kegiatan-kegiatan kepramukaan yang ada di Kutim ini, bisa berjalan dengan baik dan lancar,” ucap Asti yang tak lain adalah Wakil Ketua I DPRD Kutim ini.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Kutim selaku Pengurus Mabida (Majelis Pembina Daerah) Kwartir Kutim, mengapresiasi kepada pengurus baru yang telah berkolaborasi antara pengurus lama dan pengurus baru yang merupakan inisiasi dari Kwarcab saat ini.

“Tentu ini akan membuat Pramuka kedepannya lebih baik. Karena pramuka merupakan gerakan kepanduan sosial untuk membina mental dan karakter anak- anak bangsa, utamanya anak- anak pada usia dini. Sehingga dapat diteladani dari menghargai yang lebih tua, meningkatkan ketaqwaan kepada TYM serta bisa menghindari hal – hal yang buruk. Dari hal inilah mereka ditempah menjadi pribadi yang kuat, mandiri dan dipercaya,” tutur Kasmidi yang sebelumnya juga menjadi Ketua Kwartir Cabang Kutim ini.
Lebih lanjut Kasmidi menuturkan, Kwartir Cabang Kutim ini cukup berhasil. Pasalnya Kutim menjadi salah satu kiblat dari Kabupaten/kota lainnya. Sebab telah tiga kali berturut – turut menjadi juara terbaik di Kalimantan Timur.

“Karena itu harapannya, agar pengurus yang ada saat ini tetap mempertahankan prestasi- prestasi itu paling tidak sampai nasional,” tutupnya.(adv).