Bupati Kukar dan Rombongan Wisata ke Pantai Sekerat

Bupati Kukar dan Rombongan Wisata ke Pantai Sekerat

Bupati Kukar dan Rombongan Wisata ke Pantai Sekerat

Kronikkaltim.com – Pada libur lebaran ini, pantai Sekerat di Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur tidak pernah sepi oleh pengunjung. Sejak 3 hari terakhir, kawasan wisata yang dikenal dengan keindahan pantainya tersebut ramai didatangi wisatawan.

Terbukti, sehari setelah lebaran jumlah kunjungan di pantai Sekerat mencapai 3.000 orang. Meski di hari ke 2 setelah lebaran, jumlah pengunjung mengalami penurunan, namun masih tergolong cukup banyak, berkisar 1000-1500 orang.

Bupati Kukar dan Rombongan Wisata ke Pantai Sekerat
(kiri) Bupati Kukar Edy Damansyah bersama Kades Sekerat Sunandika (kanan) di Pantai Sekerat, Jumat (6/5/2022).

Selanjutnya hari ke 3 usai hari H lebaran, Jumat (6/5/2022), meskipun suasananya agak lengang, tetapi ada sedikit berbeda dengan hari-hari sebelumnya. Sebab, kali ini Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edy Damansyah beserta rombongan juga memilih berlibur di pantai Sekerat.

Baca juga: Pesona Pantai Sekerat Pancarkan Keindahan Lukisan Alam

Tak hanya itu, Bupati Kukar dalam kunjungannya itu bahkan bermalam di kawasan Pantai Sekerat.

Bupati Kukar dan Rombongan Wisata ke Pantai Sekerat
Warga Lokal di Pantai Sekerat

Sehari sebelumnya, beberapa kegiatan penyambutan pun dilakukan panitia. Salah satunya persiapan tempat di area strategis dilakukan secara gotong royong oleh warga setempat dan pemuda Karang Taruna Desa Sekerat.

Meskipun kedatangannya tidak resmi alias “tidak dalam tugas,” namun dalam kunjungannya tersebut, Bupati Edy Damansyah memberi motifasi dan pesan kepada warga Desa Sekerat untuk terus berbenah, bagaimana langkah-langkah untuk menjadi pelaku wisata yang baik, terutama dalam hal penataan dan manajemen pengelolaan tempat wisata.

Sementara itu, Kepala Desa Sekerat Sunandhika didampingi para tokoh-tokoh masyarakat dan pemuda yang menyambut kehadiran orang nomor satu di Kukar itu menyampaikan ucapan selamat datang dan rasa terima kasih kepada Bupati Kukar yang telah menyempatkan waktu untuk mampir dan berwisata di pantai Sekerat.

Bagi Sunandika, meskipun berbeda kabupeten, tetapi penyambutan terhadap kepala daerah itu tetap harus dilakukan dengan baik. Kehadiran Bupati Kukar diharapkan membawa angin segar untuk bangkitnya pariwisata pantai Sekerat.

“Sebagai Kepala Desa Sekerat saya merasa sangat senang sekali dengan kedatangan Bapak Bupati Kutai Kartanegara, ini menunjukkan bawa pantai Sekerat memiliki nilai jual yang cukup dilirik oleh semua elemen,” ucap Sunandika.

Dikatakannya, Bupati Kukar juga memberikan motifasi yaitu kepala desa harus bisa berinovasi sehingga desanya lebih berkembang. Terutama potensi wisata pantai yang dimiliki Desa Sekerat.

Bupati Kukar, lanjut Sunandika, juga berpesan agar tetap berkomunikasi dengan masyarakat dan menggandeng perusahaan-perusahaan yang ada di Desa Sekerat agar proses pembangunan wisata pantai Sekerat bisa berjalan lebih cepat dan tepat.

Bupati Kukar dan Rombongan Wisata ke Pantai Sekerat
Kawasan sejuk dan bersih pantai Sekerat

Untuk akses jalan, Bupati Kukar disebut menyarankan agar selalu membangun komunikasi dan koordinasi kepada semua pihak, terutama kepada pemerintah daerah.

“Beliau juga berpesan agar kiranya semua elemen masyarakat di Desa Sekerat dapat berkoordinasi dengan baik, terutama Pokdarwis itu harus aktif, BUMDes juga harus aktif. Begitu pula dengan karang taruna, kepemudaan harus aktif,” tuturnya.

Secara pribadi, Sunandika menilai sosok Bupati Kukar sebagai pemimpin sederhana dan patut jadi contoh. Meskipun memiliki jabatan dan kedudukan yang tinggi, tetapi tidak menunjukkannya kepada banyak orang melalui penampilan, kesan kemewahan, serta cara berkomunikasi.

“Beliau sangat menginspirasi, memberikan motifasi dan pengalaman – pengalamannya yang memang menurut saya sangat luar biasa. Semoga beliau selalu diberi kesehatan dalam membangun daerah, dan juga bisa memberikan inspirasi dan masukan kepada daerah lainnya,” pungkasnya.(*).