Karst Sangkulirang-Mangkalihat Masuk KSPN

Kronikkaltim.com – Karst Sangkulirang – Mangkalihat di Kutai Timur (Kutim), Kaltim ternyata sudah masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Kepala Dispar Kutim, Nurullah menyatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) terkait dengan pengembangan pariwisata Karst Sangkulirang – Mangkalihat.

“Bulanan lalu kami sudah rapat bersama Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) untuk pengembangan Sangkulirang – Mangkhaliat, jadi sudah masuk program nasional tidak lagi hanya program daerah,” jelas Nurullah di acara Rembuk Pariwisata di Cafe Teras Belad, Sangatta Selatan, Kamis (17/2/2022).

Salah satu gua di Karst Sangkulirang Mangkalihat © itb.ac.id

Pembangunan pariwisata jika ditunjang dengan pembiayaan Pemprov dan pusat tentu progresnya akan lebih cepat. Untuk itu, kata Nurullah, Rembuk Pariwisata sebagai upaya mengupdate dan menghimpun data potensi pariwisata di setiap kecamatan di Kutim diharapkan juga bisa dibawa ke provinsi maupun nasional. Tujuan tak lain untuk meningkatkan pendapatan asli daerah, pun meningkatkan ekonomi masyarakat.

Untuk mendukung program pariwisata Karts Sangkulirang – Mangkhaliat, Nurullah mengemukakan, Kutim telah mengusulkan lahan seluas 550,09 di hektar.

Terkait rencana pengembangan, Nurullah mengatakan, akan segera dirapatkan lagi dengan pusat. Sementara lokasi lahan yang dimaksud itu berada di sekitar goa Tewet dan sekitarnya, termasuk di goa Mengkuris. Namun demikian, nilai investasi yang dibutuhkan dalam rancangan pembangunan pariwisata tersebut belum dihitung.

“Belum kami hitung, tapi nanti program Bappenas Itu akan membuat akses jalan, karena pariwisata itu bisa berkembang disamping transportasi juga harus ada aksesibilitas. Kita berharap nanti untuk Sangkulirang – Mangkalihat penelitian, dan bisa untuk wisata,” jelas Nurullah. (Red).