Area Pasar Rawa Indah Bontang Akan Dipasangi WiFi Gratis

Keterangan foto : Taufiqurrakhman saat hadir menjadi narasumber dalam Bintek dan Sertifikasi Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Solopos Institute di Graha Pemuda Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Bontang, Minggu (21/10/2021).

 

Kronikkaltim.com – Pemkot Bontang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), memastikan penambahan pemasangan WiFi gratis di sejumlah tempat publik di Kota Bontang, salah satunya di lokasi pasar rakyat.

Kabid Penyelenggaraan Egovernment Kominfo Bontang, Taufiqurrakhman dalam keterangannya, mengatakan penambahan WiFi gratis di tempat-tempat publik merupakan program Pemkot Bontang sejak tahun 2019. Wifi gratis sebagai program menuju smar city, ini salah satunya akan segera dipasang di Pasar Rawa Indah.

“Kita sudah membuat perencanaan untuk pemasangan WiFi gratis di Pasar Rawa Indah,” ujar Taufiqurrhman di Graha Pemuda Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Bontang, Minggu (21/10/2021).

Taufiqurrhman menerangkan bahwa pemasangan WiFi gratis di Pasar Rawa Indah membutuhkan koordinasi dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop). “Kita butuh data, berapa jumlah pedagang di Pasar Rawa Indah,” jelas Taufiqurrakhman.

Taufiqurrakhman meyakini WiFi gratis tersebut nantinya sekaligus akan mampu mendukung ekonomi masyarakat, khususnya bagi pelaku-pelaku usaha atau UMKM. Namun demikian, kata dia, butuh sosialisasi dari Disperindagkop. “Karena belum tentu semua pedagang di pasar bisa menggunakan Wifi gratis dengan misalnya berjualan online, ini nanti tugas Disperindagkop,” ucapnya.

Taufiqurrakhman menilai, WiFi gratis memliki efek postif dan negatif, tergantung penggunaannya. Untuk itu, dia memastikan memblokir situs online yang dinilai memiliki efek negatif, seperti game online dan film dewasa.

“Kalau seperti facebook tidak kita blokir, karena kita ingin WiFi gratis juga mampu mendukung ekonomi masyarakat, kita lihat selama ini banyak pedagang yang berjualan online, termasuk di facebook dan instagram,” ujarnya.

Sementara itu, Asbil salah satu pedagang di Pasar Rawa Indah menyambut baik atas rencana pemasangan WiFi gratis tersebut, apalagi di masa pandemi Covid-19, di mana segala sesuatu membutuhkan akses internet.

“Sekarang ini WiFi sudah menjadi kebutuhan pokok, orang pesan makan lewat internet, untuk belajar daring bagi anak sekolah juga butuh internet,” terang Asbil saat dikonfirmasi via telpon.

Sebagai informasi, program wifi gratis di Kota Bontang sudah resmi diluncurkan, Kamis (21/10/2021) lalu. Taufiqurrakhman mengatakan, dari seluruh Kabupaten/Kota di Kaltim, Bontang menjadi yang pertama merealisasikan program pemerintah bebas kuota. Dia menilai hal tersebut upaya penting untuk membangun ekosistem digital. Apalagi sejak tahun 2019 Kota Bontang telah terpilih menjadi salah satu dari seratus kota yang menuju smart city. Selain itu, hal ini juga demi kelancaran administrasi pemerintahan dan kemudahan pelayanan publik.

Imran.