Wabub Kutim Bertekad Wujudkan Mimpi ASN Miliki Rumah Sendiri

Kronikkaltim.com – Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim), Kasmidi Bulang bertekad mewujudkan harapan sebagian besar Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Kutim yang ingin memiliki rumah sendiri.

Tekat tersebut disampaikan Kasmidi yang didampingi Saptoro, Direktur utama PT Bank Perkreditan Rakyat (KPR) Kutim, di selah-selah aktifitasnya, Kamis, (14/10/2021).

Kasmidi mengatakan, program bangun rumah untuk PNS merupakan program saat dirinya masih menjabat Plt Bupati Kutim, namun belum terealisasi.

“Program ini merupakan program tahun lalu saat saya menjabat Plt Bupati Kutim bersama-sama dengan beberapa orang termasuk dari BPR dan BPKAD,” ujarnya.

Dikatakannya, skema pembayaran pembangunan perumahan ini nantinya Pemkab Kutim akan bekerja sama dengan BPR untuk membayar ke pihak properti dari hasil pemotongan gaji PNS yang ada di Pemerintah Daerah.

“Pegawai kita nantinya meminta pinjaman ke BPR, BPR yang akan membayar ke pengemban. Nah BPR akan bekerja sama dengan pemerintah Daerah, nanti pegawai yang mengambil pinjaman itu akan membayar lewat gaji yang ada di pemerintah Daerah,” tutur Kasmidi.

Soal harga, lanjut kasmidi masih dalam tahap perhitungan, dirinya juga mengungkapkan saat ini masih di lakukan persentase soal pengemban-pengemban yang akan mengelola perumahan ini dengan harga terjangkau dengan kualitas yang baik.

“Makanya saat ini kita masih lakukan persentase yang mana yang lebih murah dengan kualitas yang sama itu pasti pengemban yang kita ambil,” katanya.

Kasmidi menjelaskan tujuan dari pembangunan rumah untuk PNS ini untuk memudahkan pegawai yang tinggal di luar Sangatta bisa menetap di Sangatta.

“Sehingga bisa di pastikan pegawai kita tidak harus pulang setiap Sabtu dan Minggu ke Samarinda, Bontang, dan Bengalon karena sudah ada rumah disini. Ini merupakan janji Pemerintah Daerah yang lalu yang belum terealisasi,” tegasnya.(*)

Heristal/Red