Agusriansyah Ridwan Resmi Dilantik jadi Ketua KKDB Kutim

Kronikkaltim.com – Agusriansyah Ridwan resmi dilantik sebagai Ketua Kerukunan Keluarga Daerah Barru (KKDB) Kutai Timur (Kutim) periode 2021-2026. Agusriansyah yang juga menjabat Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kutim, itu dilantik bersama pengurus KKDB Kutim, pada Selasa (8/6/2021).

Seperti oragnisasi paguyuban pada umumnya, prosesi pelantikan KKDB Kutim dirangkai dengan kesenian khas budaya, seperti tari-taran dengan pakaian adat khas etnis Bugis Barru. Namun acara itu digelar tetap dengan protokol kesehatan.

Tampak Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman disambut dengan tarian Paduppa. Tarian ini sebagai tanda kesyukuran dan kehormatan.

Pada zaman dahulu, tarian tersebut sering ditarikan untuk menjamu raja, menyambut tamu agung, pesta adat, dan pesta perkawinan. Gerakan dengan musik khas pada tarian itu sangat luwes sehingga tampak enak untuk dilihat.

KKDB sendiri merupaakan organisasi sosial kemasyarakatan yang menghimpun warga masyarakat Barru yang pada dasarnya memiliki potensi dan kemampuan yang cukup besar.

Potensi yang dimiliki bukan hanya berupa kemampuan profesionalisme di bidangnya, tetapi bisa jadi beberapa diantaranya memiliki kemampuan akumulasi modal yang cukup besar serta memiliki akses dan networking yang sangat luas, yang jika dapat diberdayakan secara simultan dan optimal dapat memberi kontribusi yang sangat besar untuk membantu warga masyarakat Barru serta percepatan akselerasi pada berbagai sector pembangunan di Kabupaten Kutim.

Agusriansyah Ridwan

Pemberdayaan potensi dan segenap kemampuan tersebut pada saat ini dipandang perlu untuk dimobilisasi secara optimal, mengingat paradigma pembangunan daerah telah berubah kearah desentralisasi yang berarti bahwa keberhasilan pembangunan sangat ditentukan oleh kemampuan pemerintah daerah dan masyarakat untuk memobilisasi dan menggunakan semua potensi sumberdaya pembangunan secara optimal.

Untuk itu, Agusriansyah usai dilantik menyatakan berkomitmen mendukung program pemerintah daerah.

Dalam KKDB Kutim, kata Agusriansyah, banyak yang memiliki keahlian dengan beragam macam bidang, seperti di bagian teknis dan di bagian pemerintahan

“Kita menyiapkan segenap program dan sinergi dari pengurus baru yang memang untuk membatu pemerintah daerah dalam mewujudkan misi dan visinya,” tuturnya. (Red).