Potret Aksi Petugas BPBD Kutim Menangani Banjir di Benteng Mawakal

Kronokkaltim.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Kutai Timur (Kutim), terus melakukan antisipasi dan penanganan serta penanggulangan bencana yang diakibatkan banjir di beberapa titik di wilayah Benteng Mawakal.

Di Kecamatan Muara Bengkal, Batu Ampar, Muara Ancalong, Long Masengat, Telen, Muara Wahau dan Kombeng misalnya, para petugas BPBD giat membantu menangani musibah bencana alam tersebut.

Berikut aksi petugas menaganai banjir di wilayah Benteng Mawakal berdasarkan sumber BPBD Kutim yang diterima kronikkaltim.com, Sabtu (22/5/2021).

Upaya Penanganan Banjir.
a. Tim BPBD Kabupaten Kutai Timur melakukan kegiatan evakuasi warga yang melintas antara kecamatan yang terdampak banjir

b. Menyaluran bantuan logistik dari dunia usaha/perusahan dari PT. Subur Abadi
Plantations untuk masyarakat terdampak banjir wilayah Kecamatan Telen untuk Desa Lung Melah. h Adapun rincian bantuannya sebagai Berikut : Beras, gula, indomie dan Teh.
Hasil Pemantauan Rekan-Rekan Operator Radio Kecamatan dari binaan BPBD Kab. Kutai Timur. Adapun hasil pemantauan debit air di wilayah Yang terdampak banjir sebagai berikut:
1) Kecamatan Batu Ampar
a. Batu Ampar ada penambahan debit permukaa air/naik ± 8 cm
b. Masih ± 200 cm kedalam air dari titik normal sungai kalau berpatokan
dengan tiang gawang lapangan bola.
2) Kecamatan Long Masengat
Kondisi air saat ini di long mesangat kususnya yang terdampak banjir
sudah mulai surut mencapai skitar 1,5 Meter dan sebagian sudah bisa di
lewati, kondisi cuaca mendung,
3) Kecamatan Muara Ancalong
Keadaan sungai atan dan sungai kelinjau, sudah surut kalau di perkirakan 1 m bahkan 1,5 m dari kondisi banjir kemarin ( masih dalam Pemantauan Selanjutnya.