ASKB Apresiasi Peran Jurnalis Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Pilkada Kutim 2020

Kronikkaltim.com – Usia resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) periode 2021-2024 oleh Gubernur Kaltim, Ardinayah Sulaiman dan Kasmidi Bulang menyempatkan menemui awak media di depan tangga lantai 1 Kantor Bupati Kutim, Jumat (26/2/2021).

Didampingi istri, Ardiansyah-Kasmidi tatap muka dengan puluhan jurnalis yang berkesempatan meliput acara pelantikan.

Dalam kesempatan tersebut, keduanya menyampaikan apresiasi terhadap peran jurnalis. Yakni, dalam fungsi menyebarluaskan informasi tentang pentingnya Pilkada.

Itu terpantau dalam angka yang menunjukkan partisipasi masyarakat Kutim yang mencapai 48 persen pada pilkada 2015, meningkat menjadi 65 persen pada pilkada 2020.

Ardiansyah mengatakan, hal ini juga berkat peran awak media dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui pemberitaan-pemberitaan dari awal hingga berakhirnya pilkada.

“Maknanya, ini artinya masyarakat sangat memberikan partisipasinya dalam pemilihan ini. Makanya, makna dari kemenangan ASKB ini adalah kemenangan dari rakyat Kutai Timur pada umumnya,” ucap Ardiansyah dalam konferensi pers usai pelantikan.

“Yang tak kalah penting, kami sampaikan ucapan berterima kasih kepada media cetak maupun online dan lainnya, juga awak media yang di Kutai Timur, Kalimantan Timur, maupun nasional, karena telah memberikan berita yang terbaik. Meningkatnya partisipasi masyarakat ini juga berkat peran serta media dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat,” lanjut Ardiansyah.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang menuturkan, meningkatnya partisipasi masyarakat pada Pilkada Kutim 2020 juga lantaran peran media massa dalam memberitakan kabar seputar Pilkada. Hal itu adalah bagian dari amanah yang harus terus dijalankan.

“Sekarang pilkada sudah berakhir, hari ini kami sudah dilantik. Hari ini kami diberi kesempatan untuk melanjutkan dan menata Kutai Timur untuk semua,” ujar Kasmidi.

“Kepada semua masyarakat di 18 kecamatan, mari kita tinggalkan semua perbedaan yang kemarin, mari kita bergandengan tangan. Tidak ada lagi kubu A, kubu B, dan kubu-kubu yang lain, ini demi Kutai Timur yang kita cintai bersama,” ucap Kasmidi. (*)

Penulis : Raymond Chouda
Editor : Ersa