Galeri UMKM Kaubun Cetak Omzet hingga Rp26 Juta Per Bulan

Kronikkaltim.com – Galeri usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Center Kecamatan Kaubun, Kutai Timur (Kutim) mencatat omzet penjualan produk usaha UMKM selama tujuh bulan terakhir sebesar Rp15 juta hingga Rp26 juta per bulan.

“Omset Galeri UMKM Kaubun rata-rata berkisar antara Rp15 juta hingga Rp26 juta per bulan,” kata Koordinator UKM Center Kaubun Priyanto, Jumat (2/1/2021).

Dengan omzet tersebut, Priyanto menyebutkan tujuh bulan terakhir ekonomi masyarakat setempat otomatis meningkat.

Galeri UMKM Kabun menyajikan 59 produk asli lokal dari Kaubun, melibatkan 29 UMKM se-kecamatan Kaubun.

Dari 59 produk itu, lebih banyak ditawarkan produk makanan diantaranya amplang, aneka keripik dan olahan-olahan home industri. Kemudian, ada kerajinan dari rotan yakin olahan tas dan dompet. Sedangkan sisanya berbagai jajanan.

“UKM Center menjual 59 produk dari 29 pelaku UKM di 8 desa,” sebut Priyanto.

Sebelumnya, Gubernur Kaltim Isran Noor memberi apresiasi kepada Pemerintah Kecamatan Kaubun yang telah berkolaborasi dengan perusahaan swasta di daerah itu untuk membangun Galeri UMKM Center dengan memasarkan produk olahan masyarakat.

“Sinergi yang sangat baik. Di sini terwujud peran dan kepedulian pengusaha yang mengelola sumber daya alam,” kata Gubernur saat mengunjungi Galeri UMKM Kaubun. (Arm/Red).