AJKT Adakan Pelantikan Pengurus, Usung Tema Peran Jurnalis Menangkal Hoax di Tengah Pandemi dan Pilkada

Dalam Rangka Pelantikan dan Deklarasi Pengurus Aliansi Jurnalis Kutai Timur di Hotel Royal Victoria Sangatta, Rabu 21 Oktober 2020 malam.

Kronikkaltim.com – Pelantikan pengurus Aliansi Jurnalis Kutai Timur (AJKT) digelar di Hotel Victoria Sangatta, Rabu (21/10/2020) malam. Meski masih dalam suasana pendemi Covid 19, acara pelantikan yang dirangkai dengan deklarasi, berlangsung sukses dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia raya oleh seluruh anggota dan para undangan, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa. Ketua panitia kemuidan membacakan sambutan, lalu dilanjutkan dengan pembacaan ikrar AJKT oleh Pjs Bupati Kutim Mohammad Jauhar Effendi yang diwakili Staf Ahli Bupati Bagian Bidang Politik, Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Syahrir.

Usai membacakan ikrar organiasi, seluruh pengurus AJKT yang telah resmi dikukuhkan itupun membacakan deklarasi yang berkaitan dengan tema acara, yaitu ‘Peran Jurnalis Menangkal Hoax di Tengah Pandemi Covid-19 dan Pilkada’.

Selain peran media, dengan tema tersebut, masyarakat juga diharapkan agar senantiasa bijak dalam menggunakan media sosial. Sebab, sanksi bagi media sosial atau masyarakat yang menyebarkan berita bohong secara tertulis dan secara etika akan diberi peringatan oleh Dewan Pers dan dapat diancam dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dengan pidana penjara paling lama enam tahun dan/atau denda maksimal Rp1 miliar.

Aliansi Jurnalis Kutai Timur atau disingkat AJKT sendiri merupakan organisasi profesi wartawan yang pada 22 Agustus 2020 lalu, melaksanakan Musyawarah Besar (mubes) II dan menetapkan Sukriadi secara aklmasi sebagai Ketua AJKT untuk priode 2020-2022. Setidaknya ada 30 media bergabung dalam wadah tersebut. Mereka berasal dari beragam media massa yang ada di Kutim. Baik media cetak, seperti Kaltim Post, Tribun Kaltim, Koran Kaltim dan Disway –Nomorsatu Kaltim, media elektronik, radio pemerintah daerah, radio GWP, TVRI, PKTV serta media online, di antaranya Halo Kaltim, Kronik Kaltim, Fokus Kaltim, Kaltim Today, Upnews, RKB, Ruang Kutim, Akurasi, Aktual Borneo dan lainnya.

Wadah AJKT yang juga berkaitan dengan tema acara menjadi komitmen organisasi dengan harapan AJKT tidak hanya menjadi wadah berlindung dari berbagai hal negatif, tetapi juga menjadi warning untuk sama-sama melawan hoax di tengah pandemi Covid-19 dan Pilkada, serta tetap menaati kaidah-kaidah jurnalistik.

Sebagai Ketua Umum, Sukriadi mengatakan, dengan terlaksananya acara pelantikan, dirinya sangat berterima kasih atas kerja sama panitia, anggota AJKT, dan juga kepada semua pihak yang telah membatu sehingga acara dapat telaksana dengan baik. Tak terkecuali kepada hadirnya para undangan.

“Kami akan terus berkarya dengan tetap mematuhi kaidah-kadah jurnalis serta mematuhi undang-undang yang ada dan kami tetap independen,” ujar Sukriadi.

Sementara itu, Amri sebagai ketua Panitia Pelantikan mengucap syukur atas terlaksananya acara dengan sukses. “Kami sangat berterima kasih atas kekompakan rekan rekan panitia. Harapannya, AJKT ini dapat bersinergi dengan semua pihak, termasuk dengan pemerintah daerah dalam membangun Kutai Timur,” tuturnya.

Turut hadir para undangan yang diantaranya, Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang, Pembina AJKT Mahyunadi, Wakil Ketua DPRD Kutim Arfan, Anggota DPRD Kaltim M Nasirudin dan Agus Aras, Anggota DPRD Kutim Basti Sanggalagi dan Asmawardi, unsur forum komunikasi perangkat daerah, serta beberapa tokoh pemuda, undangan lainnya, dan rekan jurnalis di luar keanggotaan AJKT. (Ersa).