Disdik Kutim Rancang Sistem Komunikasi dan Pembelajaran Online dari Rumah, Menyeluruh hinga Pelosok

Ilustrasi

KRONIKKALTIM.COM – Dinas Pendidikan (Disdik) Kutai Timur (Kutim) merancang cara berkomunikasi efektif bersama sekolah-sekolah di Kutim yang sekaitan dengan sitem pemebelajaran dari rumah. Ini rencananya diterapkan secara menyeluruh, agar seluruh siswa bisa tetap belajar di tengah situasi darurat ancaman wabah virus Corona atau Covid-19.

Dalam sitem digital berbasis online, Disdik Kutim menargetkan penerapan komunikasi via vidkon (konferensi video) dapat dilakukan seluruh sekolah di wilayah pelosok dan pesisir kecamatan-kecamatan di Kutim.

Kadisdik Kutim Roma Malau mengatakan, agar komunikasi sistem belajar online dapat menyetuh wilayah pelosok dan pesisir, maka komunikasi via vidkon digalakkan mulai minggu depan.

Sistem komikasi secara online dengan pihak sekolah, bukan hanya kepada kepala sekolah, tapi juga seluruh tenaga pendidik atau guru-guru.

“Jadi kami membuat konsep surat dulu, ini supaya guru bisa di rumah mengupdate vidkon dari disdik,” tutur Roma, awal pekan ini.

Roma mengatakan, target pertama adalah wilayah kecamatam terjauh. Komunikasi secara menyeleuruh dengan sekolah-sekolah dilakukan agar siswa bisa lebih efektif untuk belajar dari rumah di tengah situasi darurat ancaman wabah virus Corona atau Covid-19.

“Sandaran mungkin yang pertama dulu kita ajak berkomunikasi via vidkon. Kalau bisa wilayah di zona terjauh dulu kita coba terapkan sistem komunikasi ini. Kita lihat nanti seberapa banyak guru yang bisa vidkon,” jelasnya.

Terkait daerah yang belum terjangkau sinyal atau blankspot, Roma mengatakan, akan dilakukan penyesuaian. Pihaknya juga akan membuat surat edaran yang sekaitan dengan hal tersebut.

“Tetap kita perhatikan baik online maupun offline” pungkasnya. (adv/ersa).