Gerakan Bersih Lingkungan RT, Pasak Mulawarman Kutim Serukan Budaya Gotong Royong

KRONIKKALTIM.COM – Gerakan bersih lingkungan Rukun Tangga (RT) diinisiasi Pasak Mulawarman Bersatu Kutai Timur (Kutim). Acara bersih-bersih diawali di wilayah RT 03, Kampung Palet, Desa Sangatta Selatan, Kecamatan Sangatta Selatan, Kutim, Minggu (2/2/2020).

Para anggota dan warga sekitar begitu antusias bersama pengurus organisasi kemasyarakatan itu. Mereka bergotong royong membersihkan lingkungan dan menormalisasi parit menggunkan cangkul dan skop.

Sebelum kegiatan dimulai, baik pengurus maupun anggota berkumpul dilokasi, sekira pukul 07.00 wita di kediaman Sekretaris Pasak Mulawrman Kutim, Ebiet Habibi. Ketua Pasak Mulawrman Bersatu, Adi Azis dalam arahannya menyampaikan apresiasi semua pihak yang ikut andil pada agenda Minggu bersih tersebut.

Dia mengatakan, Pasak Mulawrman Bersatu Kutim terus berusaha memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat dan pemerintah daerah. Salah satunya yakni, melalui kegiatan bersih lingkungan RT.

“Ini adalah program kerja kita, memberisihan lingkungan di tiap-tiap RT,” ujar Adi Azis.

Kegiatan ini disebutkan sebagai wujud komitmen dan kepedulian organisasi. Sebagaimana dengan tujuan organisasi yang ingin berkontribusi terhadap pembangunan daerah.

Selain itu, kegiatan ini juga dijelaskan sebagai dukungan terhadap program Kutim Green serta upaya menumbuhkan kembali budaya gotong royong di tengah kehidupan bermasyarakat.

Gotong royong pembersihan lingkungan, atau saluran air ini, dianilai sangat bermanfaat dalam pencegahan terhadap banjir, karena air yang menggenang karena tumpukan sampah, aliran air tidak lancar sehingga dapat menyebabkan banjir.

Dan, lanjut dia mengatakan, dalam pelaksanaan gotong royongpun terjalin erat suasana toleransi antar masyarakat yang pastinya heterogen baik suku maupun agama, dan setelah selesaipun manfaatnya bisa dirasakan bersama.

“Dengan gotong royong pekerjaan seberat apapun akan ringan bila dikerjakan secara bersama-sama dan hasilnya pun dapat di rasakan bersama. Mari kita budayakan gotong-royong dan bersih lingkungan,” tutur Adi Azis.

Tak lupa Ia meminta doa dan dukungan dari pemerintah dan masyarakat Kutim agar Pasak Mulawarman Bersatu Kutim tetap eksis untuk menjalankan roda organiasi yang sesuai dengan tujuan bersama.

Sementara, Ketua RT 03 Amat pun sangat terkesan dengan partisipasi Pasak Mulawarman yang kompak dengan angota-anggotanya. Menurutnya, gerakan bersih lingkunagn organisasi tersebut sangat membantu masyarakat.

Dia menerangkan, meskipun dilingkunagan RT 03 warganya juga banyak. Namun terkendala dengan aktivitas pekerjaan dan kesibukan masing-masing, sehingga sedikit mengalami kendala dalam melaksanakan kerja bakti.

“Latar belakang warga disini kan bergam, ada pegawai, pekrja perusahaan, dan ada juga sebagai pedagang. Pedagang ini kegiatannya dipasar, tidak mengenal hari minggu,” terangnya.

Mewakili waraga RT 03, Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota dan pengurus Pasak Mulawarman Bersatu Kutim yang terlah membantu warga dalam membersihkan lingkungan tempat tinggal mereka.

“Harapannya, agar kegiatan bersih lingkunagn ini terus dilaksanakan oleh Pasak Mulawrman Bersatu Kutim. (*).