Promosikan Pengembangan IKN di Kalimantan Lewat Borneo Marathon

KRONIKKALTIM.COM –  Nawa Cita Pariwisata Indonesia (NCPI) akan adakan Borneo Marathon Ibu Kota Negara (IKN)  diapresiasi Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor. Diharapkan kegiatan ini mampu mempromosikan Kaltim sebagai IKN baru. Sekaligus ajang pemahaman kepada publik dan dunia bahwa pengembangan dan pembangunan IKN tidak akan merusak lingkungan.

“Kegiatan ini bisa menjelaskan dan mengenalkan kepada publik di Indonesia maupun dunia. Bahwa pengembangan IKN tidak akan merusak lingkungan. Bahkan, kita akan melakukan revitalisasi lingkungan di Kawasan IKN,” kata Isran Noor ketika menerima kunjungan jajaran NCPI Kaltim, dipimpin Joko Purwanto didampingi Dewan Penasehat Syafruddin Pernyata, Sekretaris Kans Betekeneng dan Wakil Ketua II Bidang Pengembangan SDM HM Zulkifli di Ruang Rapat Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada Samarinda, Jumat (22/11/2019).

Isran mengatakan kawasan yang siap dikembangan untuk IKN sekitar 180.000 Ha. Saat ini telah dipersiapkan Pergub yang mendahului Peraturan Presiden dalam menetapkan Otorita Pengelola Pembangunan Ibu Kota di Bappenas.

Rencana dari Pergub akan menetapkan dan membagi beberapa kawasan atau lokasi pengembangan tersebut. Yaitu sebagian di Kecamatan Samboja, Kecamatan Muara Jawa, Kecamatan Sepaku dan Kawasan Balikpapan.

“Jika memang event ini jadi. Kita harapkan publik dunia mengetahui di mana saja kawasan yang akan dikembangan dari IKN. Yang jelas Pemprov Kaltim mendukung,” ucapnya.

Ketua NCPI Kaltim Joko Purwanto mengatakan dari event Borneo Maraton IKN akan diikuti atlet seluruh dunia sekitar 12.000 atlet. Pelaksanaan akhir Februari 2020.

“Yang jelas kami ingat pesan Gubernur, kegiatan ini jangan sampai merusak lingkungan,” jelasnya.